Penjabat Bupati Bone Buka Pekan PROKLIM di Desa Poleonro, Kecamatan Lamuru
simak'
kpu
karebaparlementa'
karebaparlementa'

Penjabat Bupati Bone Buka Pekan PROKLIM di Desa Poleonro, Kecamatan Lamuru

Minggu, 01 Oktober 2023,


BONE-WARTASULSEL.ID. Dampak dari pemanasan global yang dihadapi dunia sekarang sangat berpergaruh terhadap kelangsungan hidup manusia, kekeringan dedaunan dan menipisnya sumber mata air, panen padi petani teracam gagal disebabkan oleh musim yang berubah ubah. 

Melihat kondisi yang demikian,. Pemerintah Daerah Kabupaten Bone melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup menggelar Pekan PROKLIM di Desa Poleonro, Sabtu, 30 September 2023.

Dihadiri Penjabat Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, MH, Direktur Adaptasi Perubahan Iklim KLHK, Kepala Balai Pengendalian Iklim Wilayah Sulawesi, Ketua DPRD kabupaten Bone, Irwandi Burhan, SE, MM, DANDIM  1407 Tauwarani Bone, Staf Ahli Bupati Bone dan Asisten 2 SEKDA Bone Kepala OPD diataranya, Inspektur Daerah,, KABAN Keuangan dan ASSET Daerah, KADIS Lingkungan Hidup, KADIS PSDA, KASAT Pol PP,  KADIS KOMINFO, KABAG Protokol SEKDA Bone, Camat Lamuru.

KADES Poleonro sebagai Ketua Panitia Pelaksanaan melaporkan bahwa dampak perubahan iklim harus mendapatkan perhatian yang serius, karena menyangkut kelangsungan hidup manusia.

"Sejak tahun 2016 Desa Poleonro telah melaksanakan Proklim, sehingga memperoleh 5 Trophy Penghargaan Nasional  berturut turut dari sejak  tahun 2017,  dari Kementerian Lingkungan hidup," tuturnya.

"Semoga desa desa di Kabupaten Bone bisa ikut mewujudkan Proklim,  sebagaimana instruksi presiden  di tahun 2024, ditargetkan 20.000 kampung Proklim," ungkapnya.

Tambahnya, "Desa Poleonro dicanangkan sebagai desa Berketahanan Iklim dan Launching Gerakan Babinsa dan Babinkamtibmas Peduli Iklim yang ditandai dengan pemasangan pin, untuk kami memohon kiranya Bapak Penjabat Bupati Bone bersama Direktur Adaptasi Perubahan Iklim KLHK memasangkan pin kepada Babinsa dan Babinkamtibmas yang telah ditunjuk," ujarnya.

Penjabat Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, MH menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa "selamat kepada Seluruh masyarakat di Desa Poleonro atas penghargaan trophy Nasional selama 5 tahun berturut turut diberikan karena telah melaksanakan Proklim, semoga ini menjadi motivasi dan percontohan bagi desa desa di wilayah Kabupaten Bone untuk ikut melaksanakan program ini, karena sesuai instruksi presiden, ditahun 2024 ditargetkan 20 ribu desa seluruh Indonesia, ini segera diinventarisir dan didata secara konkret semua desa di Kabupaten Bone yang melakukan Proklim," ucap Andi Islamuddin.

Pembukaan secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Penjabat Bupati Bone di dampingi jajaran Pejabat PROKOPIMDA Bone dan Direktur Adaptasi Perubahan Iklim KLHK dan Kepala Balai Pengendalian Iklim Wilayah Sulawesi. Selanjutnya penanda tanganan Banner Pencanangan Desa Poleonro sebagai Desa Berketahanan Iklim. **QMH*AHAS**
loading...

TerPopuler