DPRD Wajo menerima Aspirasi Masyarakat Kecamatan Tanasitolo.
simak'
kpu
karebaparlementa'
karebaparlementa'

DPRD Wajo menerima Aspirasi Masyarakat Kecamatan Tanasitolo.

Selasa, 28 Mei 2024,


WAJO .Puluhan warga Kecamatan Tanasitolo menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Kabupaten Wajo. 
Kedatangan warga yang mayoritas pemuda ini menyorot Proyek Sport Center di Kelu rahan Baru Tancung, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Selasa (28 Mei 2024).


Unjuk rasa yang diwarnai aksi bakar ban di depan Kantor DPRD Wajo itu, pengunjuk rasa mendesak menghadir kan dinas terkait dan anggota DPRD Wajo dari Dapil Tanasitolo dan Majau leng.

Setelah bernegosiasi, warga akhirnya diterima oleh tim penerima aspirasi DPRD Wajo, Ir H Sudirman Meru, H Anwar MD, H Mustafah dan H Suriadi Bohari.

Di depan penerima aspirasi, Kordinator aksi, Rahmatullah, mengadukan sejum lah kejanggalan dan kekecewaan mas yarakat Tanasitolo pada pembangunan Sport Center yang menelan anggaran cukup besar.

"Sport Center yang ada sekarang tidak layak untuk dipakai, karena di sana ada banyak batu pondasi, tumbuh rumput liar, bahkan ada kayu yang tadinya kecil sekarang sudah tumbuh besar, akibat kelalaian dari pihak kontraktor," ungkapnya.

Padahal kata Saifullah, saat proses pembangunan dia dan warga sudah turun lokasi menyampaikan hal itu men gingat pembangunan Sport Center adalah bekas bangunan Pasar sehing ga, banyak pondasi dan beton di lapan gan, yang seharusnya lapangan ditim bun sebelum ditanami rumput. 

"Kami juga sudah meminta mediasi ke Anggota Dewan supaya diperbaiki agar bisa berfungsi, Namun hasilnya nihil. Pihak kontraktor juga tidak menghirau kan. Jadinya, Sport Center sekarang dikerja asal-asalan," sebutnya.

"Kami heran, dua kali penganggaran dengan anggaran 641 juta di tahun 2023, tapi hasilnya tidak bisa diguna kan. Karena itu kami juga mempertan yakan ke Inspektorat, terkait hasil pemeriksaaannya beberapa waktu lalu," tambah Saifullah.

Menanggapi aspirasi warga, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dispora par Wajo, Andi Hasminton menyampai kan, bahwa pada prinsipnya masalah tersebut sudah lama diketa hui dan didiskusikan untuk mencari solusinya.

"Kami bertanggung jawab penuh atas permasalahan ini, termasuk kontraktor nya," tegasnya.

Terkait timbunan, Hasninton menjelas kan telah melihat RAB dan memang di RAB tidak ada pekerjaan timbunan. 

"Tapi kami akan menyampaikan masu kan ini pada pimpinan ami untuk men follow up aspirasi hari ini," jelasnya.

Sementara Inspektorat pembantu wila yah IV Kabupaten Wajo, Andi Sahar, mengaku, telah turun melakukan peme riksaan fisik dan keuangan hanya saja hasilnya belum bisa diekspose.

"Kami belum bisa memberikan kesim pulan karena masih melakukan hasil analis, setelah analisis terbit, Baru kita ekspos ke Disporpar terkait temuan kami. Insya Allah hari Senin," katanya.

Menyikapi hal itu, Anggota DPRD Wajo, H Anwar MD, mengungkapkan, prog ram pembangunan Sport Center jauh hari sudah muncul sejak 2021, tapi karena adanya pandemi corona anga ran pemeliharaan di hapus. "Nanti di tahun 2023 baru disahkan anggaran nya" jelas legislator Nasdem dari dapil Tanasitolo-Majauleng itu.

Sementara anggota DPRD yang juga dari Fraksi Nasdem, H Suriadi Bohari, sangat menyayankan hal ini, mengin gat pembangunan yang diharapkan jauh dari ekspektasi. "Padahal ini sudah diinterpensi dengan anggaran besar. Dispora tolong diinterpensi ini apalagi tadi sudah menyampaikan akan bertanggung jawab penuh," tegasnya.

Senada, anggota Fraksi Gerindra DPRD Wajo, H Mustafah, meminta agar inspe ktorat transparan dalam hasil pemerik saannya dan hasil temuan itu juga di serahkan ke DPRD Wajo.

"Tolong periksa baik-baik, dan hasi pemeriksaan serahkan juga pada kamikami secepatnyasecepatnya, harus transparansi," tegasnya.

Ketua penerima aspirasi, Ir H Sudirman Meru, menyampaikan apresiasi atas aspirasi warga Tanasitolo dan berjanji akan menindak lanjuti aspirasi terse but. 
Laporan :(Halaman JY). 
(Rilis Humas DPRD Wajo)
loading...

TerPopuler