Pokdarbud Manggala Gelar Koleksi Benda Pusaka
kapolres'
kapolres'
kapolres'
karebaparlementa'

Pokdarbud Manggala Gelar Koleksi Benda Pusaka

Selasa, 25 Juni 2024,


MAKASSAR.WARTASULSEL.ID-Kelompok Sadar Budaya (Pokdarbud) Manggala akan menggelar sekitar 150 koleksi benda Pusaka berupa Badik, tombak , patung, alat baccing, parang dan keris serta batu dalam rangka pelaksanaan Museum Keliling Dinas Kebudayaan Kota Makassar di Sanggar Seni Pendopo Aspirasi, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala yang akan berlangsung sehari penuh mulai 08.39 pagi, Rabu (25/5).


Ketua Pokdarbud Manggala Andi Pasamangi Wawo didampingi Ketua Bidang Pelestarian, Bahrun, yang ditemui sejumlah Wartawan mengatakan hal itu usai mendapat kunjungan resmi Kadisbud Makassar
Ir.Hj.Andi Erfidah Attas
 bersama stafnya, Selasa pagi (25/6)

Dikatakan, memamerkan benda koleksi  Galeri Pusaka Bugis Makassar ini untuk pertama kalinya selama Pokdarbud Manggala terbentuk 2 tahun lalu. 

Menurutnya, benda langka yang banyak di'buru' para kolektor, cukup banyak. 

"Kalau saya kumpul milik anggota Sanggar Seni Pendopo Aspirasi yang menaungi Pokdarbud Manggala ini, bisa capai 500 an", katanya. Namun, tambahnya, kali ini  hanya sekitar 130 bilah. 

"Itu memang yang tersimpan di galeri yang sewaktu waktu dibutuhkan untuk Pameran yang selama ini sering berlangsung di beberapa daerah dan kota.

"Bahkan koleksi kami pernah  ikut di Singapura", katanya.

Menjawab pertanyaan Wartawan, Andi Pasamangi membenarkan kalau dalam Pameran ini ada beberapa bilah badik, keris dan parang bisa diganti mahar. Termasuk batu mulia yang sudah diolah jadi perhiasan, seperti cincin, gelang dan liontin kalung pria.

"Biasanya, ada anggota yang koleksinya mau dimahar. Bukan dijual", tambah Bahrun.

"Saya mengajak  masyarakat, khususnya para pencinta budaya untuk ikut melestarikan budaya dengan turut menonton dan meramaikan  kejadian langka di 'ujung dunia' nya Makassar ini", kuncinya. (DW)
loading...

TerPopuler