MAHASISWA UNHAS SEMINAR PROGRAM KERJA KKN DESA WISATA PISING KECAMATAN DONRI-DONRI
simak'
iklan
sekda
karebaparlementa'
karebaparlementa'

MAHASISWA UNHAS SEMINAR PROGRAM KERJA KKN DESA WISATA PISING KECAMATAN DONRI-DONRI

Selasa, 16 Juli 2024,


SOPPENG.WARTASULSEL,- – Mahasiswa Universitas Hasanuddin lakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik ( KKNT) gelombang 112 di Kabupaten Soppeng, Kecamatan Donri-Donri tepatnya di Desa Pising melaksanakan seminar kerja di Kantor Desa Pising Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng Senin, 15 Juli 2024


Dalam pelaksanaanya, seminar program kerja ini dibuka oleh Koordinator Posko Desa Pising Muhammad Isnainil Asgar kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unhas serta sambutan dari Kepala Desa Pising, Camat Donri-Donri.

Seminar program kerja merupakan salah satu kegiatan dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik ( KKNT ) yang berbentuk pemaparan program kerja selama mengabdi di masyarakat. Tujuan diadakannya seminar program kerja di Desa Pising ini adalah sebagai bentuk silaturahmi dan kolaborasi dengan masyarakat Desa Pising. Ucap Asgar

Koordinator Desa Pising dalam sambutannya di seminar program kerja sebanyak 11 program kerja ini dengan waktu kami KKN selama 45 hari dimana nanti nya rencana penarikan sekitar tanggal 18/08/2024. semoga program kerja yang kami laksanakan bisa terlaksana dengan baik dengan bantuan dari para masyarakat Desa Pising dibawah koordinasi dengan Ibu Desa

“Kerja sama antar semua pihak dalam hal ini sangat diharapkan, sehingga program-program kerja kami nantinya dapat berjalan dengan baik dan maksimal,” Ucap Koordinator Desa Pising Muhammad Isnainil Asgar sambutannya.

Di sesi pemaparan program kerja yang dibawakan langsung oleh Koordinator Desa Pising     memaparkan program kerja tematik, program kerja umum, dan program kerja individu. Dimana program kerja tersebut akan dilaksanakan dalam kurun waktu 45 hari. Di sesi pemaparan program kerja ini dijelaskan secara rinci mengenai latar belakang mengambil program kerja tersebut, dimana sejak kami tiba di Posko Desa Pising selama 9 hari kami melakukan observasi ke sekolah, Kampung Desa wisata, dan kegiatan masyarakat Desa Pising.

Kampung Sabbeta memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai pusat wisata desa yang nantinya akan kami desaon bahkan pintu gerbang maduknya melihat adanya masyarakat yang mulai pelihara ulat sutera, panen kokon,  pemintalan benang sutera serta tenun kaon sutera maupun pembuatan Ecoprint sutera.

Camat Donri-Donri yang diwakili oleh Kasi Ketentraman dan Ketertiban umum (Trantibum), Mustamin Jade, dalam sambutannya berharap jika program yang dikerjakan tidak memberatkan untuk mahasiswa KKNT dan juga berpesan lebih baik sedikit program kerja tapi terlaksana dibandingkan banyak mengusulkan program kerja namun tidak bisa terealisasikan sesuai tujuan dari tema KKN Tematik.

“Laksanakan program kerja yang memang bisa dilaksanakan jangan sampai terbengkalai program kerjanya baik itu yang umum dan yang tematik, jangan terlalu banyak program kerjanya tapi memang yang saat ini dibutuhkan dia yang bisa memajukan desa wisata dan ekonomi warga” jelas Mustamin.
Dalam sambutannya Kepala Desa Pising Hj.Sitti Salmiah, SE mengenai program kerja yang dipaparkan. Sebagai evaluasi  untuk pelaksanaan program kerja individu para mahasiswa KKNT.

Sesuai dengan tema pengembangan desa wisata mahasiswa KKNT gelombang 112 diharapkan  bisa  membuat ikon wisata di Desa Pising tepatnya di Kampung Sabbeta Kabupaten Soppeng.

Seminar ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Pising beserta Staf, Kepala  Dusun SoliE, Kepala  Dusun Amessangeng, para ketua RT/RW pak, Ketua BPD dan anggota, Pengurus Kampung Sabbeta, tokoh masyarakat ( Irfa ).
loading...

TerPopuler