Opini : Pertarungan Gengsi Pilkada Wali Kota Palopo
simak'
iklan
sekda
karebaparlementa'
karebaparlementa'

Opini : Pertarungan Gengsi Pilkada Wali Kota Palopo

Jumat, 19 Juli 2024,


PALOPO.WARTASULSEL. ID - Pilkada Kota Palopo kali ini merupakan pilkada yang sangat seru dikarenakan mempertemukan empat kandidat dengan latar belakang dan kekuatan politik yang berbeda, menjadikannya sebuah kontestasi yang sangat menarik dan kompetitif.

Farid Kasim Judas (FKJ) adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anak dari mantan Wali Kota Palopo, Judas Amir. Mengendarai Partai Nasdem, yang merupakan partai pemenang pemilu 2024 di Kota Palopo, FKJ memiliki basis dukungan politik yang kuat. 

"Nama besar ayahnya, yang meninggalkan warisan politik signifikan, memberikan keunggulan bagi FKJ dalam hal pengenalan dan dukungan awal. Tantangan bagi FKJ adalah menunjukkan bahwa dia memiliki kapabilitas dan visi sendiri yang jelas untuk memimpin kota Palopo, terlepas dari bayang-bayang ayahnya,"

Rahmat Masri Bandaso (RMB) adalah mantan Wakil Walikota Palopo selama dua periode dan juga Ketua DPD II Golkar Kota Palopo. Dengan pengalaman panjang dalam pemerintahan kota dan kepemimpinan di Partai Golkar, yang merupakan partai pemenang kedua pada pemilu 2024 di kota Palopo, RMB memiliki modal politik yang solid. 

"Pengalaman dan rekam jejaknya dalam memimpin kota memberikan kredibilitas yang signifikan. Kunci keberhasilan RMB adalah kemampuannya untuk menawarkan visi baru yang dapat meyakinkan pemilih bahwa dia adalah pilihan terbaik untuk masa depan Palopo,"

Trisal Tahir, seorang pengusaha asal Jakarta dan fungsionaris DPP Partai Gerindra, membawa perspektif eksternal yang bisa menjadi kekuatan dan tantangan. Partai Gerindra, sebagai partai pemenang pemilihan presiden 2024, memberikan dukungan politik yang kuat. 

Namun, sebagai figur yang kurang dikenal di tingkat lokal, Trisal harus berusaha keras untuk membangun kepercayaan dan hubungan dengan pemilih Palopo. Keberhasilannya akan sangat bergantung pada kemampuannya untuk menawarkan solusi inovatif dan relevan yang dapat diterima oleh masyarakat lokal.

Putri Dakka adalah seorang pengusaha asal Kota Palopo dan Ketua DPD II Kabupaten Luwu Utara, yang pada pemilu legislatif 2024 meraup suara 13.707 suara atau sekitar 7% dari partisipasi pemilih kota Palopo. Putri menawarkan pilihan yang menarik dengan latar belakang bisnisnya. 

"Pengalaman di dunia bisnis bisa menjadi modal besar dalam mengelola pemerintahan dengan pendekatan yang lebih efisien dan pragmatis. Tantangan utama Putri adalah membangun popularitas dan pengakuan di antara pemilih kota Palopo, serta meyakinkan mereka bahwa dia memiliki visi yang kuat untuk kemajuan kota,"

Dalam konteks ini, Putri Dakka dapat dianggap sebagai kuda hitam dalam pertarungan ini. Meskipun dia mungkin tidak memiliki popularitas awal sebesar FKJ atau pengalaman pemerintahan seperti RMB, Putri membawa beberapa keunggulan yang dapat membuatnya muncul sebagai pemenang yang tak terduga. 

"Sebagai pengusaha lokal dengan koneksi kuat di masyarakat dan dengan dukungan signifikan pada pemilu legislatif, Putri memiliki potensi untuk menarik pemilih yang menginginkan perubahan dan pendekatan baru dalam pemerintahan,"

Sedangkan peluang Trisal Tahir dalam memenangkan pertarungan ini juga cukup signifikan, namun ia menghadapi beberapa tantangan. Dukungan dari Partai Gerindra memberikan modal politik yang kuat dan sumber daya kampanye yang cukup. 

"Pengalamannya sebagai pengusaha juga bisa memberikan solusi praktis dan inovatif untuk berbagai masalah di Palopo. Namun, tantangan terbesar Trisal adalah membangun hubungan dan kepercayaan dengan pemilih lokal. Ia perlu memperkenalkan diri dan visinya secara efektif serta menunjukkan bahwa ia memahami kebutuhan dan aspirasi masyarakat Palopo,"

"Jika Trisal mampu mengatasi tantangan ini dan menyampaikan visi yang jelas serta relevan, peluangnya untuk memenangkan Pilkada bisa meningkat. Keberhasilannya akan sangat bergantung pada strategi kampanye yang inovatif dan kemampuannya untuk menawarkan solusi konkret yang dapat diterima oleh pemilih Palopo,"

Pada akhirnya, hasil Pilkada ini akan sangat bergantung pada kemampuan masing-masing kandidat untuk menyampaikan visi mereka secara efektif dan meyakinkan pemilih bahwa mereka adalah pilihan terbaik untuk masa depan Kota Palopo.

Oleh : Musafir Jasin, Akademisi STISIP (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Veteran Palopo/ Mantan aktivis

Jum'at, 17 Juli 2024.

*QMH. Yoga*
loading...

TerPopuler