PJ Bupati Bone Serahkan Bantuan Bibit Sayur dan Buah ke Kelompok Tani Wanita, Harap Jadi Pilot Projek
simak'
kpu
karebaparlementa'
karebaparlementa'

PJ Bupati Bone Serahkan Bantuan Bibit Sayur dan Buah ke Kelompok Tani Wanita, Harap Jadi Pilot Projek

Jumat, 26 Juli 2024,


BONE-WARTASULSEL.Id.  Penjabat Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, MH tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai PJ. Bupati Bone sambil menunggu penjabat penggantinya, hari Rabu lalu, 24 Juli 2024  menyerahkan bantuan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone berupa benih sayur dan buah kepada kelompok wanita tani binaan PKK Kabupaten Bone dalam rangka kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal. Diserahkan di Baruga Lateya Riduni, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, Kilometer Nol Kota Watampone, Kabupaten Bone, SULSEL.

Hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, PJ. Ketua PKK Kabupaten Bone, Camat dan Kepala Desa serta Lurah, Kelompok Tani Wanita dari beberapa Desa dan Kelurahan.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Ir. Muhammad Angkasa, M.Si dalam laporannya menyebutkan bahwa program ini merupakan wujud kolaborasi dengan tim Penggerak PKK bertujuan meningkatkan ketersediaan pangan keluarga dan meningkatkan keanekaragaman tanaman untuk bagaimana meningkatkan gizi masyarakat.

"Buah dan sayuran itu diberikan kepada 27 kelompok wanita tani di 55 desa dengan kerjasama PKK kecamatan dan desa ke kelompok wanita tani," jelasnya. 

"Oleh karena itu dengan program ini dapat memberi kontribusi ke masyarakat dalam peningkatan gizi masyarakat untuk menangani stunting yang angkanya mulai menurun," ungkap Muhammad Angkasa.

Adapun bantuan itu kata Muhammad Angkasa ada beberapa benih jenis kangkung, timun, seledri, cabe, terong, tomat serta buah pepaya.

Di tempat yang sama, Pj. Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, MH mengharapkan program ini bisa menjadi pilot project apabila berhasil itu dapat ditularkan ke desa lainnya. 

"Kita berharap dan perlihatkan bahwa program ini bisa mensejahterakan masyarakat dan mampu menekan inflasi, angka stunting sehingga sangat bermanfaat untuk dikembangkan," ujar Andi Islamuddin. 

"Harapan besar kita Bone bisa jadi contoh penganekaragaman tanaman dan jadi pusat Pilot Projek sehingga menjadi kunjungan daerah lainnya," harapnya.

Menurutnya program ini luar biasa dan akan dievaluasi agar bisa berjalan seperti apa yang diharapkan. 

"Kalau berhasil maka bisa ditambah tapi kalau gagal kita berhenti, dan program ini akan dievaluasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, dari awalnya satu  kelompok bisa kita tambah terus bahkan kalau bisa setiap desa sehingga Bone bisa jadi contoh kedepan," tegas Andi  Islamuddin,  Pj. Bupati Bone. *QMH*AHAS*
loading...

TerPopuler