Desa Samaenre Dicanangkan Sebagai DESA CANTIK di Kabupaten Bone Tahun 2024
simak'
iklan
sekda
karebaparlementa'
karebaparlementa'

Desa Samaenre Dicanangkan Sebagai DESA CANTIK di Kabupaten Bone Tahun 2024

Rabu, 21 Agustus 2024,


BONE.WARTASULSEL.ID- Desa Samaenre, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik. ( DESA CANTIK ) oleh Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kabupaten Bone. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data di tingkat desa,           
diharapkan Desa Samaenre mampu menjadi model dalam pengelolaan data statistik yang baik di Kabupaten Bone, sekaligus menginspirasi desa-desa lain untuk berpartisipasi dalam program serupa demi pembangunan yang lebih baik dan berbasis data.

Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kabupaten Bone laksanakan kegiatan ini di Aula Empang Berkah, Desa Samaenre, Kecamatan Tonra, Rabu, 21 Agustus 2024. 

Kepala Desa Samaenre,  Andi Sumarlina Kasim, mengawali laporannya menekankan pentingnya inisiatif Desa Cantik dalam membangun budaya sadar data di desa. 

Lanjut laporannya, Andi Sumarlina menyatakan bahwa "Desa Samaenre berkomitmen untuk menjadi desa percontohan dalam pengelolaan data yang baik dan transparan di Kabupaten Bone," ucapnya.

Ditempat yang sama,  Kepala BPS Kabupaten Bone, H. Muh. Asri Lantong, S.E. menyampaikan sambutannya menekankan bahwa, program Desa Cantik bertujuan "agar perangkat desa mampu mengelola data secara akurat dan menyajikannya dengan cara yang mudah dipahami oleh semua pihak. Dengan data yang baik, kita bisa membuat keputusan yang tepat untuk kemajuan desa,” ujarnya, seraya mengapresiasi komitmen Desa Samaenre dalam mengimplementasikan program ini.

Puncak acara ditandai dengan sambutan dari Penjabat Bupati Bone yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, A. Gunadil Ukra. Sekaligus secara resmi mencanangkan Desa Samaenre sebagai Desa Cantik Tahun 2024 Kabupaten Bone. A. Gunadil Ukra menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa, "desa yang mampu mengelola data dengan baik akan memiliki keunggulan dalam merancang program-program pembangunan yang tepat sasaran dan berkelanjutan," tutur KADIS PMD Kabupaten Bone.

Hadir sebagai saksi pencananga H. Barham Bachtiar, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Bone, dan Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Bone.

H. Barham Bachtiar memberikan komentar terkait acara ini dengan mengatakan, “Program Desa Cantik ini sangat penting karena data adalah fondasi dari semua kebijakan yang kita ambil. Dengan adanya pengelolaan data yang baik di tingkat desa, kita dapat memastikan bahwa program pembangunan yang kita laksanakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Desa Samaenre diharapkan bisa menjadi contoh yang baik dalam hal ini,” jelas KADIS KOMINFO dan Persandian Kabupaten Bone.

Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimcam Kecamatan Tonra, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kajuara, serta tokoh masyarakat dan perangkat desa dari berbagai wilayah di Kecamatan Tonra. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak yang hadir, mencerminkan semangat kolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas data dan informasi di tingkat desa. *QMH*AHAS*
loading...

TerPopuler