Dr. Andi Ikbal Walinono: Pembentangan Bendera Merah Putih 79 Meter di Gusung Tangkulara: Promosi Wisata Bahari
simak'
iklan
sekda
karebaparlementa'
karebaparlementa'

Dr. Andi Ikbal Walinono: Pembentangan Bendera Merah Putih 79 Meter di Gusung Tangkulara: Promosi Wisata Bahari

Kamis, 29 Agustus 2024,


BONE-WARTASULSEL.Id.  Pj. Bupati Bone, Andi Winarno Eka Putra, SSTP., M.H., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Bone telah mengikuti upacara pembentangan bendera merah putih sepanjang 79 meter di Gusung Tangkulara, Selasa 27 Agustus 2024 beberapa hari lalu.

Pembentangan Bendera dipimpin oleh Kapolres Bone AKBP Erwin Syah, S.I.K., M.H. selaku pembina upacara berjalan sukses.

Awak Media Wartasulsel menemui Camat Tanete Riattang Timur, Dr. Andi  Ikbal Walinono yang menahkodai pemerintah kecamatan dan yang mengakomodir gagasan pemrakarsa dari Tim 7 dan tokoh nelayan sehingga dilaksanakan pembentang Bendahara Merah Putih sepanjang 79 Meter di Gusung Tangkulara.

Camat Tanete Riattang Timur mengatakan, kegiatan ini masih dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang 79, "kita bangkitkan semangat patriotik dan nasionalisme masyarakat melalui kegiatan ini, pembentangan Bendera Merah Putih ini juga sukses kita laksanakan atas peran dan kerja sama dari Unsur TNI-POLRI, BPBD Bone, Basarnas, SATPOL PP, Anggota tim 7 dan Tokoh Nelayan, Akademi Perikanan Waetowo, dan seluruh nelayan yang menyediakan kapal untuk tidak turun melaut satu hari, untuk hadir dan memeriahkan acara ini," ucap Andi Ikbal Walinono.

Camat Tanete Riattang Timur, Andi Iqbal Walinono juga menyampaikan bahwa "kegiatan tersebut melibatkan 200 Kapal, yang terdiri  dari 120 perahu kecil, 40 perahu sedang dan 40 perahu besar yang sudah dihiasi untuk dipergunakan rombongan ke gusung Tangkulara, serta panitia menilai kapal dari hiasnya karena kita Perlombakan juga," ungkapnya.

"Event ini  masuk agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, mulai dilaksanakan pada tahun 2018, sampai sekarang, namun untuk hari ini diprakarsai dari Tim 7 dengan tokoh nelayan, sehingga kami akomodir untuk ditindaklanjuti dan  dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone," jelas Andi Iqbal.

"Untuk memenuhi keinginan dan hasrat masyarakat nelayan dan Tim 7, Pemerintah Daerah  melaksanakan kegiatan  ini dengan melibatkan masyarakat dan tokoh Nelayan, para lurah di wilayah Kecamatan Tanete Riattang Timur sebagai panitia pelaksana, sehingga  pembentangan bendera di gusung Tangkularang sukses dilaksanakan hari ini," Sebut Camat Tanete Riattang Timur. 

Selain memeriahkan hari kemerdekaan, event pembentangan Bendera sepanjang 79 meter juga sebagai wadah memperkenalkan potensi wisata bahari yang ada di Gusung Tangkulara.

"Melalui kegiatan pembentangan bendera ini, kita harapkan bisa menjadi promosi wisata bahari,  memperkenalkan Gusung Tangkulara kepada masyarakat di seluruh Indonesia sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Gusung Tangkulara," harap Andi Ikbal Walinono.

Disamping itu juga dilakukan lomba semarak merah putih bagi kapal nelayan yang ikut menyemarakkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Tangkulara.

Ketua Tim 7 Tangkulara Rusmin Igho Pun juga merasa bahagia karena kegiatan ini berjalan lancar dan sukses bahkan pesertanya jauh lebih banyak. 

"Dari Tahun 2018 kita laksanakan hingga Tahun ini, tetapi hari ini pesertanya luar biasa lebih banyak dan lebih semarak dari tahun tahun sebelumnya, " ungkap Igho, panggilan akrab Wakil Ketua BAZNAS Kabupaten Bone.

Karena menurutnya, jumlah komunitas kelompok nelayan semakin lebih banyak ikut mendaftar untuk ikut berpartisipasi ditambah masyarakat sekitar bahkan dari luar Kecamatan. 
"Kami juga mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah Kecamatan Tanete Riattang Timur dan unsur FORKOPINCAM Tanete Riattang Timur," tutur Rusmin Igho.

Lokasi Gusung Tangkulara terletak di bagian Timur dari Kecamatan Tanete Riattang Timur, sekitar satu mil dari Pelabuhan Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. 

Pulau Tangkulara ini merupakan pasir timbul di perairan Teluk Bone, yang muncul disaat Air laut surut dan kembali hilang ketika air laut pasang, waktu
loading...

TerPopuler