Karyawan Distributor Aice mogok kerja akibat Gaji dipangkas, Ngadu di DISNAKER Bone
simak'
iklan
sekda
karebaparlementa'
karebaparlementa'

Karyawan Distributor Aice mogok kerja akibat Gaji dipangkas, Ngadu di DISNAKER Bone

Senin, 19 Agustus 2024,


BONE-WARTASULSEL.ID. Puluhan karyawan Distributor Aice dibawah bendera perusahaan PT. Janus Global area pemasaran Bone, Soppeng dan Wajo yang berkantor di Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone mengadukan nasibnya akibat adanya pengurangan gajinya dibawah UMP sejak 18 Agustus 2024, mereka bersepakat mogok kerja dan beramai-ramai datang mengadu ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bone, Senin 19 Agustus 2024.

Karyawan yang kena dampak pengurangan gaji adalah sales dan driver, mereka dari bagian pemasaran yang datang mengadu dan diterima Tim Mediator Hubungan Industrial kantor DISNAKER Kabupaten Bone, Mursalim mewakili Tim menanyakan keluhan dari karyawan Distributor Ace, mereka bergantian menyampaikan bahwa keluhan adalah, adanya pengurangan gaji yang sebelumnya mereka terima sama dengan standar UMP, yakni 3.4 juta lebih, sampai bulan Juli, memasuki bulan Agustus, ada penyampaian dari Manager pada tanggal 15 Agustus bahwa gaji untuk bulan Agustus hanya sekitar 2 juta rupiah, 

Kemudian ada juga yang menyampaikan bahwa mereka tidak pernah dapat cuti walaupun sudah bekerja selama 5 tahun, ada juga yang belum terkafer sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, disamping itu bila ada kerusakan kendaraan yang dipergunakan membawa Aice, kerusakan diatas 5 juta, sales dan sopir akan dikenakan pemotongan gaji sebesar 200.000 perorang serta apabila karyawan sakit walaupun ada surat keterangan sakit atau berhalangan, karyawan dipotong gajinya. Ada juga yang mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada kontrak kerja antara perusahaan dengan karyawan yang dipekerjakan oleh PT. Janus Global.

Setelah mendengar dan mencatat keluhan dari karyawan PT. Janus Global, Mursalim mewakili Tim menyatakan bahwa, "kami dari Tim Mediator Hubungan Industrial akan berkirim surat secara resmi ke pihak perusahaan, mudah mudahan besok bisa diterima dan diadakan pertemuan antara bapak yang datang mengadu dengan pihak perusahaan," ucap Mursalim.

Tambahnya, "semoga dalam pertemuan besok ada kesepakatan melalui jalan musyawarah antar pihak perusahaan dengan bapak bapak, kalau pun tidak ada, kami akan tindak lanjuti dengan mediasi," jelas Mursalim.

Sekedar diketahui, awak media Wartasulsel sudah berusaha mengkonfirmasi perusahaan PT Janus Global melalui Manager, namun wa yang dikirimkan  untuk wawancara dijawab besok baru bisa dikonfirmasi.*QMH*AHAS*
loading...

TerPopuler