Kegiatan Presentasi RB dan SAKIP, Sainal: Predikat B dan Predikat C, Asrul: Target Kinerja
simak'
kpu
karebaparlementa'
karebaparlementa'

Kegiatan Presentasi RB dan SAKIP, Sainal: Predikat B dan Predikat C, Asrul: Target Kinerja

Rabu, 07 Agustus 2024,


PALOPO.WARTASULSEL. ID - Pj (Pejabat) Wali Kota Palopo, Asrul Sani, S.H., M.Si, membuka kegiatan presentasi atau pemaparan capaian kinerja perangkat daerah dalam rangka penguatan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kota Palopo tahun 2024.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber, Prof. DR. Sangkala, M.Si, Direktur PT. Cipta Birokrasi Adapti, juga merupakan pakar dalam masalah pelayanan publik ini. Yang dilaksanakan di ruang pertemuan Ratona. Senin, 5 Agustus 2024, di Kota Palopo.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Palopo, Sainal Sahid, S.IP, mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini yakni untuk mengetahui sejauh mana perangkat daerah menjalankan program kerjanya, mulai dari perencanaan sampai output capaian kinerja, dalam rangka pencapaian organisasi yang lebih maksimal.

"Juga mampu menciptakan organisasi dan birokrasi yang berdaya saing, bersih dan efektif untuk mendorong pembangunan daerah dan pelayanan publik, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Palopo serta pembangunan nasional secara umum,”  ujar Sainal Sahid.

Selain itu, untuk mengetahui hasil evaluasi dan kebijakan pimpinan di instansi/unit kerja perangkat daerah yang diberi wewenang untuk melakukan evaluasi.

“Termasuk dengan mempertimbangkan berbagai kendala yang ada, terutama kegiatan evaluasi terhadap implementasi SAKIP mulai dari perencanaan kinerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek,”  cetusnya.

Tujuan lainnya, menyatukan dan memberi kesamaan persepsi bagi seluruh perangkat daerah, utamanya bagi pimpinan terkait arah dan kebijakan Reformasi Birokrasi ke depan.

“Sekaligus memberikan penguatan dan penajaman terkait langkah-langkah strategis, dalam mempercepat pencapaian peningkatan indeks RB tahun 2023 yang berada pada nilai 44,19 dengan predikat C dan Indeks SAKIP Pemerintah Kota Palopo tahun 2023 dengan nilai 64,35 predikat B,”  pungkasnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, menuturkan, kepada pelaksana kegiatan agar menghadirkan seluruh Kepala OPD, mengingat acara tersebut, merupakan kegiatan yang sangat penting agar indeks pelaksanaan RB dan SAKIP Kota Palopo, nantinya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Terlebih lagi di tahun mendatang.

“SAKIP dan RB menjadi salah satu aspek penilaian kinerja setiap 3 bulan evaluasi. Ini harus kita evaluasi, apakah ini berjalan di OPD masing-masing sehingga kita ketahui pencapaian target kinerja,"  tutur Asru Sani.

OPD harus fokus mencapai target-target kinerja yang telah ditentukan.

“Bagaimana setiap OPD mencapai target kinerja masing-masing dengan kolaboratif,”  jelasnya.

Dalam kegiatan itu, masing-masing perangkat daerah melakukan presentasi dan pemaparan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan. Kemudian, narasumber akan memberikan tanggapan, saran ataupun masukan serta evaluasi terkait hasil presentasi dan pemaparan yang disampaikan.

Untuk diketahui, kegiatan itu hadir para Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan undangan lainnya.

*QMH. Yoga. Kominfo Plp*
loading...

TerPopuler