Rektor IAIN Bone Ingatkan Peserta PBAK Bangun Pola Pikir Kritis dan Kontributif
simak'
iklan
sekda
karebaparlementa'
karebaparlementa'

Rektor IAIN Bone Ingatkan Peserta PBAK Bangun Pola Pikir Kritis dan Kontributif

Kamis, 29 Agustus 2024,


BONE-WARTASULSEL.Id. Rektor IAIN Bone membuka resmi Sidang Senat Terbuka dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Bone  di Lapangan Indoor IAIN Bone, Selasa, 27 Agustus 2024.

Peserta PBAK sebanyak 969 peserta dari empat fakultas, Fakultas Syariah dan Hukum Islam, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari (27-29/8/2024) dengan mengusung tema "Penguatan Moderasi Beragama Berkarifan Lokal Bugis Menuju Generasi Unggul dan Bermartabat".

Tema ini menurut Ketua Panitia Pelaksana Dr. Hamzah, S.Sy., M.Sy. merupakan bentuk tindak lanjut dari program pemerintah yang berkaitan tentang moderasi beragama.

"Moderasi beragama kami anggap perlu narasikan dengan narasi kearifan lokal. Karena moderasi beragama ketika disampaikan ke khalayak terdengar sangat akademik. Sehingga kami coba formulasikan moderasi Bergama ini berbasis kearifan lokal," ucapnya.

Ia menyebutkan selama kegiatan, peserta akan mendapatkan materi terkait akademik, kemahasiswaan dan pengenalan organisasi kemahasiswaan yang ada di IAIN Bone.

Selain itu menurutnya, PBAK tahun ini untuk pertama kali semua peserta akan diserahkan jas almamater kampus.

"Ini merupakan perjuangan Wakil Rektor III meskipun baru akan dipakai pada saat penutupan nanti," katanya.

Sementara itu Rektor IAIN Bone, Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag. meyambut hangat mahasiswa baru. Ia menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung.

Rektor mengatakan PBAK tahun ini berlangsung sesuai dengan SK Dirjen Pendis No. 2939 Tahun 2024 tentang petunjuk teknis Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

"Tidak ada perpeloncoan, tidak ada gertak-menggertak. Karena anak-anakku semua adalah putra-putri terbaik bangsa. Olehnya itu jalanilah PBAK ini dengan riang-gembira," jelas Rektor IAIN Bone saat beri sambutan.

Rektor juga mengingatkan kepada mahasiswa untuk mulai membangun pola pikir kritis yang kontiributif dan positif.

"Ide-ide, mindset dan potensi-potensi yang dimiliki anak-anakku peserta PBAK saya yakin akan mampu membangun IAIN Bone yang jaya," tegasnya.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh semua unsur pimpinan dari Fakultas, Pascasarjana, Lembaga dan Unit. *QMH*AHAS*
loading...

TerPopuler