KPU Palopo Laksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan DPT, Iswandi: Ketelitian, Hartono: 350 DPT
simak'
iklan
sekda
karebaparlementa'
karebaparlementa'

KPU Palopo Laksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan DPT, Iswandi: Ketelitian, Hartono: 350 DPT

Rabu, 18 September 2024,


PALOPO.WARTASULSEL. ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo, melaksanakan rapat koordinasi tentang peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 7 tahun 2024 tentang penyusunan daftar pemilih dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan Surat Keputusan KPU nomor 799 tahun 2024 tentang petunjuk teknis penyusunan daftar pemilih.

Dengan berdasarkan hal itu, maka KPU Kota Palopo melaksanakan rapat koordinasi persiapan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten/Kota Palopo pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024.

Ketua Plh, KPU Kota Palopo, Iswandi Ismail, mengatakan, bahwa penyusunan DPT (Daftar Pemilih Tetap) penting untuk dilaksanakan ini tidak lain adalah untuk menyatukan persepsi DPT dan berharap adanya masukan data dari panwaslu kecamatan.

"Di mana pepatah cina mengatakan lebih baik kita bertengkar di depan daripada bertengkar di belakang, sehingga ketelitian itu perlu dalam menyusun DPT,"  ujar Iswandi Ismail, di hadapan Panwaslu dan PPK. Rabu, 18 September 2024 di Hall Hotel Harapan, di Kota Palopo, saat sosialisasi penyusunan DPT.

Forum ini bisa digunakan sebaiknya sebelum masuk Pleno, disebabkan tujuan kita sama untuk melindungi hak pilih.

"Hak pilih itu penggunaannya tergantung pada siapa yang melekat. Indonesia paling tinggi tingkat partisipasi pemilihnya, bagaimana masyarakat begitu tinggi memilihnya yaitu adalah peran kita,"  pungkasnya 

Sementara Hartono, Kasubsi Registrasi Lapas Kelas IIA Kota Palopo, mewakili Kalapas Palopo, mengatakan, bahwa DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk Sulsel di Lapas Kelas IIA Kota Palopo, berjumlah 759 pemilih.

"Sementara untuk pemilih Kota Palopo berjumlah 350 DPT (Daftar Pemilih Tetap) per Agustus 2024 dan 1 TPS khusus. Namun direncanakan akan dibuat 2 TPS untuk pemilih di Lapas Kota Palopo pada Pilkada Palopo. Dan, potensi DPTb ada sekitar 50 orang,"  ujar Hartono.

Sebagai informasi, pengumuman DPT (Daftar Pemilih Tetap) akan diplenokan pada tanggal 20 September 2024 mendatang oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Palopo. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembahasan teknis.

*QMH. Yoga*
loading...

TerPopuler